Saturday 15 March 2014

GELOMBANG KETIGA INDONESIA ADALAH SAAT INI

GELOMBANG KETIGA INDONESIA:

Sebenarnya untuk mengulas tentang Keindonesiaan kita dapat menjelaskan dengan pendekatan teori-teori fisika, menjadi Fisikawan Muda adalah anugerah tersendiri, hal ini bahwa suatu ilmu itu dapat membantu untuk menjelaskan keadaan yang lain. Kita membutuhkan spesialis yang berwawasan global.
"Masuknya era gelombang ketiga Indonesia adalah awal yang baik dalam membangun Indonesia muda dengan segala kemapanan dalam kemandirian bangsa,era inilah yang ditunggu kaum muda yang tidak sekedar berdialektika politis, tatapi disinilah kita kaum muda hadir sebagai eksekutor bangsa dengan mengedepankan pelayanan yang bijak dan terarah. Indonesia muda akan terus bergerak dengan kecepatan (v) dan mempunyai energi(q) serta memiliki momentum waktu(t). Mengapa harus a = v / t  atau v = a.t?, mengapa tidak dijumlahkan (+). Hal ini mengisyaratkan bahwa pemuda membutuhkan percepatan (a) sehingga menghasilkan kecepatan gerak untuk membuat sebuah momentum peradaban zaman (t). Faktor pengali adalah sebuah kualitas pemuda. Artinya, setiap personal pemuda harus memiliki kompetensi peradaban dalam artian cerdas dalam bertindak, cepat dalam merespon kondisi dan tepat dalam membangun solusi.

\begin{alignat}{3}
\mathbf{a} & = \frac{d \mathbf{v}}{dt} \\
           & =  \frac{\mathrm{d}v }{\mathrm{d}t} \mathbf{u}_\mathrm{t} +v(t)\frac{d \mathbf{u}_\mathrm{t}}{dt} \\
           & = \frac{\mathrm{d}v }{\mathrm{d}t} \mathbf{u}_\mathrm{t}+ \frac{v^2}{R}\mathbf{u}_\mathrm{n}\  \\
\end{alignat}
  1. Pergerakan gelombang pertama ditandai dengan era penjajahan sampai melahirkan bangsa baru bernama Indonesia.
  2. Kemudian gelombang kedua yakni pergulatan mencari sistem ekonomi dan politik yang cocok dengan struktur budaya dan sosial rakyat Indonesia. Gelombang ini berlangsung sejak orde lama, orde baru, hingga orde reformasi. Disini sudah mulai kelihatan adanya keseimbangan demokrasi dan pembangunan, kebebasan dengan kesejahteraan, otonomi daerah dan integritas nasional.
  3. Saat ini kita memasuki gelombang ketiga yang akan kita buat dan goreskan dengan sejarah tinta emas peradaban Indonesia. Tahun 2014 inilah momentum mengawali gelombang ketiga. Kita kaum muda tidak akan berbicara tentang negara saja, tetapi jauh dari itu yaitu tentang peradaban bangsa Indonesia, era ini adalah sejarah baru Indonesia. Disini kita sudah mampu berbicara tentang kualitas manusia. Tentunya Indonesia harus memiliki pemimpin yang benar-benar menjadi pilihan rakyat.

Sehingga, Indonesia mampu membangun perekonomian yang baik, pendidikan semakin maju, dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Insya Allah tulisan saya selanjutnya membedah buku "Gelombang Ketiga Indonesia" yang ditulis oleh salah satu politisi muda Indonesia. Buku ini baru dilaunching 5 Maret 2014 di Islamic Book Fair di Istora Senayan. 


No comments:

Post a Comment