Sunday 2 March 2014

YUK JADI PENGUSAHA MUDA

Entrepreneur sejati harapan kemandirian bangsa


Pengusaha pemula jangan resah dan bingung,apalagi yang baru mulai usaha/bisnis, analisis dan bangun manajemen SWOT pada passion diri sendiri, kembangkan minat dan bakat anda untuk menjadi pribadi yang berkembang dengan segala aset yang anda miliki saat ini, membangun usaha tidaklah menunggu modal datang menggunung, asal ada niat dan semangat itu lebih dari cukup.

Masih bingung juga dengan masalah membangun bisnis atau Plan Business. Makin banyak yg dipertimbangkan terkadang membuat rencana bisnis kita banyak pilihan dan takkkan pernah jalan. Membangun usaha diawal apalagi pemula sebenarnya persoalan yang simpel. Ada niat dan semangat segera jalankan, menjadi seorang entrepreneur haruslah mampu melihat peluang di sekitar kita. Bangun jaringan dan buatlah komunikasi pasar yang baik. Seorang pebisnis letak keberhasilan nya selain jaringan adalah komunikasi bisnis. Percuma saja kita memiliki jaringan tapi ternyata tidak ada yang tahu karena kita tidak mengomunikasikannya.

Saat era teknologi sekarang kita telah memegangnya, setiap media mempunyai teknologi media untuk membangun brandnya, setiap perusahaan mempunyai humas dan teknologi canggih untuk tetap berhubungan dengan pasar dan konsumen, maka setiap pengusaha adalah harus mampu berargumentasi secara jujur dan berkomunikasi dengan terpercaya untuk membangun jaringan yang rapi dan hidup. Komunikasi bisnis di zaman modern saat ini sangat perlu, misalnya saja ketika ada perusahaan mengeluarkan produk atau memasarkan produk haruslah ada komunikasi yang baik kepada segmen konsumen yaitu dengan promosi. Promosi adalah salah satu komunikasi terhadap pasar dengan lembaga usahanya dalam menawarkan barang. Saat ini juga berkembang kreatif marketing. Ketika kita sudah mampu menguasai teknologi maka kita seolah-olah mampu menggenggam dunia ini.

Jadi intinya, jadi pengusaha pemula janganlah terus bingung mau usaha apa yang cocok. Semuanya sih sebenarnya coco-cocok saja, tetapi yang harus dipertimbangkan adalah siapa yang fokus dan lama bertahan. Mengapa saat ini perkembangan IT dalam arah sosial media sangatlah penting?. Jawabannya adalah dengan hubungan langsung ke target maka kita sudah menang beberapa langkah, hanya saja perlu pengemasan yang sangat tajam.

Tahukan bahwa perkembangan IT saat ini yang sangat berguna bagi pelaku usaha. Bisa dilihat adalah perkembangan website toko online, banyak penyedia jasa toko online saat ini yang menawarkan berbagai fasilitas yang memudahkan para pelaku usaha untuk biisa mampu menawarkan barang/jasa ke target konsumen. Namun, terkadang pendekatan teknologi tanpa sentuhan jiwa markeitngnya juga serasa mati suri usahanya. Saat ini yang perlu dipikirkan adalah bagaimana pengusaha pemula itu bisa fokus pada usahanya saat ini dan melakukan pemasaran dengan yang sangat pasti. Walaupun kita tidak memproduksi barang/jasa kita masih bisa membangun jiwa bisnis kita. Internet marketing itu penting, maka haruslah ada keseimbangan antara kita pelaku usaha, produsen dan konsumen terhadap permintaan pasar. 

Membuat toko online saat ini menjadi sangat penting untuk menawarkan produk dan menjadi transaksi semakin terasa dekat, toko online tidak banyak memakan biaya sewa tempat yang mahal, yang penting kita cerdas untuk melakukan penawaran dan bekerjasama dengan para produsen, jadilah marketer yg handal maka bisnis anda akan hidup. Setelah saya mengamati cukup lama ternyata orang marketing itu sebenarnya dialah orang kaya sesungguhnya, walaupun tidak memiliki barang. Mereka hanya punya modal komunikasi pasar yg baik dengan data pemahaman pasar yang jelas sehingga mereka mampu melakukan komunikasi transaksi. Maka terjadilah pasar ada penjual dan ada pembeli lalu juga ada penyampai komunikasi pasar, mereka siapa? lagi-lagi adalah orang marketing.

Bagi anda saat ini yang memang butuh dan sudah bertekad bulat untuk menjadi entrepreneur dan siap tercebur di dalamnya, milikilah ilmu terkait marketing. Saat ini saya sebagai web desainer atau web development store sebelum memasukkan gambar produk dari produsen maka perlu diriset terlebih dahulu, bukan hanya seni membangun brand, tetapi cara mengukur pasar dengan target konsumen. Saya sebagai orang yang berkecimpung di dunia IT khususnya di web development store, sebagai seorang konsultan toko online bukanlah hal yang mudah untuk dikatakan mudah bahwa membuat toko online atau website toko online itu cuma mengambil sampel produk dan fotonya dimasukkan kedalam website toko online kemudian ditawarkan kepada pasar.Sebenarnya bukan itu saja yang digarap, masih banyak lagi. Selain itu kita juga harus perlu membangun komunikasi dan melakukan penawaran kerjasama dengan pemilik produk sehingga kita dapat keuntungan yang kita inginkan. Lalu dengan konsumen kita juga harus cerdas disaat kapan konsumen itu membeli dan disaat kapan kita juga harus membuat harga terbaik kepada konsumen, sehingga terbentuk harga yang seimbang untuk terjadinya tawar menawar pasar lalu terjadilah transaksi yang sama-sama menguntungkan. Itu sebenarnya sekelumit kecil bagaimana memanfaatkan teknologi menuju pasar yang mampu menembus penjuru dunia di Internet, itulah kekuatan pasar online, daya tembusnya menuju sisi ruang dan waktu sampai pelosok dunia.

Inti dari semua ini adalah niat, semangat, kerja keras,fokus dan integritas, maka mudah2 an akan sukses menjadi entrepreneur muda harapab bangsa masa depan menuju kemandirian nasional bangsa. Mari kita menjadi satu diantaranya yg menjadi generasi kebandirian bangsa itu.

Bagi sahabat sekalian yang mau sharing terkait toko online dan konsultasi terkait pembuatan website toko online silahkan bisa hubungi 085669493042

No comments:

Post a Comment