MENGELOLA BISNIS
ONLINE
Oleh
Beni Saputra
Akhir-akhir ini memang dunia
internet sangat banyak digandrungi oleh berbagai kalangan dan berbagai profesi
sehingga ini menjadi prospek untuk mengembangkan wawasan dan membangun jejaring bisnis kita. Kalangan pengguna
internet bukan hanya di dunia pendidikan atau akademisi saja, setiap instansi
apapun yang berhubungan dengan database dan computer sudah pasti penggunaan
internet sangatlah penting, biasanya suatu instansi untuk memperkenalkan
profilnya sudah mempunyai website yang bisa dipromosikan melalui social media
dan iklan yang ada di internet. Ini menjadi hal yang harus mendapat tanggapan
yang positif bagi kalangan pengusaha, adanya internet para pemilik usaha bisa
membuat aneka macam produk terus dipromosikan di promosikan diinternet,
pastinya mempromosikan produk dengan mengulas produk tersebut dari berbagai
sisi kualitas produk yang menyarankan mengapa calon konsumen layak memiliki dan
harus membelinya. Letak membedak produk ini dibutuhkan keahlian khusus yaitu
copy Writer atau pengulas produk. Diharapkan terjadi penjualan maksimal,
pemilihan diksi kata dan kalimat juga harus pas sehingga calon konsumen mudah
untuk memahaminya.
Pengelolaan bisnis di internet
atau bisa disebut bisnis online, tidak lah harus orang yang pandai atau ahli
dalam membuat program tertentu, masyarakat awam pun bisa untuk melakukannya,
yang penting bisa membaca dan menulis serta berhitung secara umum, selebihnya
adalah kemauan dalam menguatkan tekad yang kuat untuk mengembangkan usahanya
seperti mengiklankan produknya di dunia internet. Terlebih lagi kalau mempunyai
website atau blog maka tugas terberat adalah mengupdate web atau blog kita
dengan strategi kata kunci tertentu sehingga masyarakat internet bila
menggunakan kata kunci tertentu bila menggunakan mesin pencari seperti google
setidaknya web kita tampil di halaman pertama, strategi ini yang harus
dipelajari, nama hal seperti ini adalah SEO (Search Engine Optimalization).
Berkaitan dengan SEO insya Allah nantinya akan saya ulas juga di tulisan
berikutnya.
Mengelola bisnis online
sebenarnya sangat mudah, kuncinya yaitu sering-sering update untuk
mempromosikan produk baik di web,blog,jejaring social, iklan gratis ataupun
juga iklan berbayar yang semuanya mempunyai target msiang-masing. Kesempatan di
era digital semakin memudahkan manusia dalam melakukan suatu aktivitas dengan
mudah, hanya dengan nongkrong di depan internet. Ini bukan tongrongan biasa ,
tergantung fokus si pengguna, kalau digunakan untuk bisnis maka harus fokus
terhadap permasalahan usaha, kalau digunakan untuk memperkenalkan profil perusahaan
maka harus mampu menggunakan iklan atau jejaring social khusus misalnya dengan
menggunakan nama akun perusahaan yang bersangkutan dan mengupdate status di
social media dengan mencantumkan link url yang ada sehingga semakin memudahkan
pencari informasi menuju web bersangkutan. Harapan dalam rating kunjungan
adalah misalnya perhari ada 100 pengunjung di web anda, 1% dari 100 pengunjung
perhari membeli produk anda misal harga produk Kaos Cantik yang dijual di web
anda 100.000 biaya produksi dan lainnya 50.000, anda mengambil keuntungan
50.000 maka dalam sebulan penghasilan anda 50.000 x 30 = 1.500.000. Lumayan
bukan…!!! , inilah mengapa kalau memiliki web atau blog harus terus diupdate
dan dipromosikan sehingga pengelolaan bisnis online bisa berjalan, setelah
terjadinya transaksi haruslah mempunyai data pelanggan yang pernah membeli
produk kita, dengan strategi promo kita bisa menghubungi pelanggan lama untuk
menginformasikan kembali kalau ada promo menarik, ini supaya untuk mengikat
konsumen kita biar tetap mengikuti perkembangan usaha kita, harapannya terjadi
promosi atau iklan tak langsung dari konsumen kita sebelumnya itu mempromosikan
kepada tetangganya dan saudara-saudaranya di sekitar lingkungan rumahnya
msing-masing. Cara ini sangat gratis dan mampu melejitkan potensi omzet kita
dalam bisnis online. Jadi bisnis apapun baik online maupun offline haruslah
mempunyai strategis bisnis yang jitu, mampu melihat sisi-sisi peluang dimanapun
berada dan mampu dimasuki oleh produk kita, semoga ini mampu membangkitkan
inspirasi kita sebagai pengusaha atau Entrepreneurship yang berjiwa
Sosialpreneur yang berwawasan teknopreneur. Salam Pengusaha…!!!
Selamat Menjadi Teknopreneur
No comments:
Post a Comment