Friday 4 July 2014

MENGELOLA BISNIS ONLINE



MENGELOLA BISNIS ONLINE

Oleh
Beni Saputra

Akhir-akhir ini memang dunia internet sangat banyak digandrungi oleh berbagai kalangan dan berbagai profesi sehingga ini menjadi prospek untuk mengembangkan wawasan dan membangun  jejaring bisnis kita. Kalangan pengguna internet bukan hanya di dunia pendidikan atau akademisi saja, setiap instansi apapun yang berhubungan dengan database dan computer sudah pasti penggunaan internet sangatlah penting, biasanya suatu instansi untuk memperkenalkan profilnya sudah mempunyai website yang bisa dipromosikan melalui social media dan iklan yang ada di internet. Ini menjadi hal yang harus mendapat tanggapan yang positif bagi kalangan pengusaha, adanya internet para pemilik usaha bisa membuat aneka macam produk terus dipromosikan di promosikan diinternet, pastinya mempromosikan produk dengan mengulas produk tersebut dari berbagai sisi kualitas produk yang menyarankan mengapa calon konsumen layak memiliki dan harus membelinya. Letak membedak produk ini dibutuhkan keahlian khusus yaitu copy Writer atau pengulas produk. Diharapkan terjadi penjualan maksimal, pemilihan diksi kata dan kalimat juga harus pas sehingga calon konsumen mudah untuk memahaminya.

Pengelolaan bisnis di internet atau bisa disebut bisnis online, tidak lah harus orang yang pandai atau ahli dalam membuat program tertentu, masyarakat awam pun bisa untuk melakukannya, yang penting bisa membaca dan menulis serta berhitung secara umum, selebihnya adalah kemauan dalam menguatkan tekad yang kuat untuk mengembangkan usahanya seperti mengiklankan produknya di dunia internet. Terlebih lagi kalau mempunyai website atau blog maka tugas terberat adalah mengupdate web atau blog kita dengan strategi kata kunci tertentu sehingga masyarakat internet bila menggunakan kata kunci tertentu bila menggunakan mesin pencari seperti google setidaknya web kita tampil di halaman pertama, strategi ini yang harus dipelajari, nama hal seperti ini adalah SEO (Search Engine Optimalization). Berkaitan dengan SEO insya Allah nantinya akan saya ulas juga di tulisan berikutnya.

Mengelola bisnis online sebenarnya sangat mudah, kuncinya yaitu sering-sering update untuk mempromosikan produk baik di web,blog,jejaring social, iklan gratis ataupun juga iklan berbayar yang semuanya mempunyai target msiang-masing. Kesempatan di era digital semakin memudahkan manusia dalam melakukan suatu aktivitas dengan mudah, hanya dengan nongkrong di depan internet. Ini bukan tongrongan biasa , tergantung fokus si pengguna, kalau digunakan untuk bisnis maka harus fokus terhadap permasalahan usaha, kalau digunakan untuk memperkenalkan profil perusahaan maka harus mampu menggunakan iklan atau jejaring social khusus misalnya dengan menggunakan nama akun perusahaan yang bersangkutan dan mengupdate status di social media dengan mencantumkan link url yang ada sehingga semakin memudahkan pencari informasi menuju web bersangkutan. Harapan dalam rating kunjungan adalah misalnya perhari ada 100 pengunjung di web anda, 1% dari 100 pengunjung perhari membeli produk anda misal harga produk Kaos Cantik yang dijual di web anda 100.000 biaya produksi dan lainnya 50.000, anda mengambil keuntungan 50.000 maka dalam sebulan penghasilan anda 50.000 x 30 = 1.500.000. Lumayan bukan…!!! , inilah mengapa kalau memiliki web atau blog harus terus diupdate dan dipromosikan sehingga pengelolaan bisnis online bisa berjalan, setelah terjadinya transaksi haruslah mempunyai data pelanggan yang pernah membeli produk kita, dengan strategi promo kita bisa menghubungi pelanggan lama untuk menginformasikan kembali kalau ada promo menarik, ini supaya untuk mengikat konsumen kita biar tetap mengikuti perkembangan usaha kita, harapannya terjadi promosi atau iklan tak langsung dari konsumen kita sebelumnya itu mempromosikan kepada tetangganya dan saudara-saudaranya di sekitar lingkungan rumahnya msing-masing. Cara ini sangat gratis dan mampu melejitkan potensi omzet kita dalam bisnis online. Jadi bisnis apapun baik online maupun offline haruslah mempunyai strategis bisnis yang jitu, mampu melihat sisi-sisi peluang dimanapun berada dan mampu dimasuki oleh produk kita, semoga ini mampu membangkitkan inspirasi kita sebagai pengusaha atau Entrepreneurship yang berjiwa Sosialpreneur yang berwawasan teknopreneur. Salam Pengusaha…!!!

Selamat Menjadi Teknopreneur 

Belajar Iklan Di Facebook 250x250Cara Menulis Artikel Google Friendly 300x250

No comments:

Post a Comment